Donderdag 16 Mei 2013

Penjelasan Lengkap Pengurus Pusat Soal Posisi Klewang & Anaknya di XTC


Bandung - Pengurus Pusat XTC di Bandung menyatakan Klewang (57) bukanlah anggotanya. Anak Klewang yang bernama Bambang Suprianto pun bukan anggota. Meski diakui, Bambang kerap berkoordinasi dengan XTC di Pekanbaru dan menyatakan keinginannya untuk masuk kelompok tersebut.

"Kami tegaskan, Klewang bukan anggota XTC. Anaknya juga bukan, meskipun memang sempat aktif koordinasi untuk masuk, tapi saat itu kami sedang fokus pembenahan di pusat (Bandung-Jabar) makanya di daerah kami tunda dulu. Jadi secara sah ya belum resmi anggota," ujar Sekjen XTC Pusat Taufik Suta Pradja saat ditemui di Sekretariat Racing Team, Jalan Golf Selatan, Bandung, Kamis (16/5/2013).

Ia menuturkan, bahwa XTC di Pekanbaru baru saja terbentuk pada 2011 lalu. Sementara menurut informasi yang ia dapat, Klewang telah membentuk kelompok yang mengaku-ngaku sebagai XTC jauh sebelum itu.

"Mungkin karena mendengar kebesaran nama XTC, Klewang yang berjiwa kriminal itu memanfaatkannya untuk perbuatan negatif," katanya.

XTC, menurut Taufik, hanya dimanfaatkan Klewang untuk merekrut para ABG labil dalam melakukan aksi-aksi kriminal. "Harus dibedakan mana kenakalan, mana kejahatan murni. Klewang ini sudah masuk bentuk kriminal murni," tutur Taufik.

Dirinya pun menyayangkan media massa yang menempelkan Klewang dengan label XTC. "Kenapa untuk kasus seperti ini langsung disebut anggota geng XTC. Sementara, kalau ada anggota polisi yang melakukan kejahatan saja disebutnya oknum. Kenapa tidak diberlakukan azas praduga tak bersalah. Kenapa Klewang tidak disebut oknum yang mengaku-ngaku anggota XTC," sesalnya.

XTC yang didirikan pada 1982 ini dituturkan Taufik telah memiliki banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia. Namun seiring dengan menurunnya citra XTC sebagai kelompok motor, mereka pun tengah melakukan pembenahan. Diantaranya dengan pendataan anggota, dengan fokus di daerah Bandung dan Jabar terlebih dahulu.

"Untuk mendirikan cabang di daerah, biasanya daerah berkoordinasi dulu dengan kita. Dan yang mendidik atau membinanya ya dari kami-kami juga. Kalau Klewang, gurunya itu siapa? Pendiri kami saja umurnya enggak sampai setua dia," katanya.

Kepada polisi, Klewang mengaku terlibat di XTC. "Mungkin dia (Klewang) mengaku-ngaku saja anggota XTC. Kita sama sekali tidak mendukung adanya aksi brutal kelompok geng motor," kata Ivan dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (12/5/2013) lalu.

Mengenai keterlibatan Bambang, Ivan tidak membantah. "Bambang memang jadi Ketua XTC Sexy Road Pekanbaru. Namun dia sama sekali tidak terlibat dalam aksi brutal sekelompok geng motor yang kini ditangani polisi," jelas Ivan.

Bambang, memang jadi Ketua XTC Sexy Road Pekanbaru. Namun anaknya sama sekali tidak terlibat dalam aksi brutal sekelompok geng motor yang kini ditangani poli.

http://news.detik.com/read/2013/05/16/145540/2247864/10/penjelasan-lengkap-pengurus-pusat-soal-posisi-klewang-anaknya-di-xtc?9911012 

0 komentar:

Plaas 'n opmerking