Saterdag 25 Mei 2013

Anas: Pilgub Jateng Menunjukkan Kekuatan PDIP



Anas Urbaningrum (foto: Okezone)
Anas Urbaningrum (foto: Okezone)
JAKARTA - Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) akan digelar pada pagi ini, Minggu 26 Mei. Namun, nuansa pertandingan antar kandidat pun sudah mulai terasa.

Menurut mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, pertarungan di Pilgub Jateng akan terjadi antara pasangan nomor urut dua, Bibit Waluyo - Sudijono Sastroatmojo dan pasangan nomor urut tiga, Ganjar Pranowo - Heru Sujatmoko.

"Pilgub itu kan bukan sepakbola, kalau sepakbola bisa diprediksi. Namun, perkiraan saya, cukup keras dan ketat pertandigan Pak Bibit dan Pak Ganjar," kata Anas saat menggelar nonton bareng Final Liga Champion, di Kediamannya, Jalan Teluk Semangka, Jakarta, Minggu (26/5/2013).

Anas memprediksi Pilgub Jateng akan seprti Pilgub Bali yang baru saja dihelat beberapa waktu lalu. "Saya kira kalau Jateng kompetisi Pak Bibit dengan Pak Ganjar di atas kertas mereka tengah bersaing ketat. Mungkin tidak akan setipis Bali. Tetapi, pertandingan cukup ketat," jelasnya.

Dikatakannya, dari ketiga kandidat yang ada Pilgub Jateng 2013 ini menunjukkan PDIP masih sangat kuat dan berjaya di Propinsi yang terletak di tengah Pulau Jawa tersebut.

"Dari tiga kandidat, secara tradisional, Jateng itu kan basisnya PDIP. Tapi dulu memang jaman Orba pernah jadi basisnya Golkar. Setelah reformasi, kembali ke PDIP. Saya kira sampai sekarang PDIP kuat di Jateng. Jadi kalau calonnya pernah diusung atau berbau PDIP, itu normal dan wajar," ujarnya.

Lebih lanjut, Presidium KAHMI ini menambahkan, pilgub itu bukan bergantung pada partai. "Faktor mayornya adalah ketokohan. Sama dengan pilpres, pemilihan bupati dan walikota. Lebih mengedepankan faktor ketokohan. Partai hanya mengantar saja," tutupnya.

Saat disinggung mengapa Partai Demokrat tak mengusung kadernya maju dalam Pilgub Jateng, dia mengatakan tak semua pilgub harus dari kader internal.

"Yang dicari kan gubernur dan wakil gubenur, saya kira boleh kader partai, boleh juga bukan. Namun, yang penting, ya yang dianggap terbaik oleh partai pengusungnya. Kita tunggu saja rakyat Jateng. Pasti ingin gubernur dan wakil gubernut terbaik," tegasnya.

Untuk diketahui, tiga pasangan Cagub dan Cawagub Jateng 2013 ini pernah menjadi kader partai besutan Megawati. Mereka yakni, Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko (Ganjar-Heru) Bibit Waluyo-Sudijono, Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don).










http://jogja.okezone.com/read/2013/05/26/512/812717/anas-pilgub-jateng-menunjukkan-kekuatan-pdip

0 komentar:

Plaas 'n opmerking