Woensdag 15 Mei 2013

KBRI Serahkan Bantuan Bagi TKI Korban Kebakaran Selangor, Malaysia

Nur Khafifah - detikNews
Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno menyerahkan sejumlah bantuan kepada TKI yang menjadi korban kebakaran di wilayah Selangor, Malaysia. Kebakaran tersebut melanda lingkungan proyek pembangunan Aman Height Condominium, Jalan Bersatu Section 5, Taman Bukit Serdang, Seri Kembangan, Selangor, pada Selasa (7/5) lalu.

Sebanyak 200 orang TKI menjadi korban kebakaran. 150 orang merupakan TKI sedangkan 50 orang lainnya merupakan anggota keluarga yang ikut tinggal bersama di dalam bedeng. Mereka adalah istri serta anak-anak TKI tersebut.

”Para TKI berikut keluarganya yang terkena musibah sangat senang atas perhatian yang ditunjukkan oleh KBRI ini,” ujar Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat, dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (15/5/2013).

Bantuan tersebut diantaranya berupa uang dari BNP2TKI senilai Rp 10 juta. Selain itu, KBRI Kuala Lumpur juga memberikan sumbangan berupa alat masak, susu, beras, serta kebutuhan sembako lainnya.

Menurut Jumhur, KBRI juga tengah menyelesaikan pembaruan dokumen para korban, termasuk mengupayakan pemenuhan hak-haknya seperti gaji melalui perusahaan yang mempekerjakan para TKI.

”Sedangkan terkait kebutuhan tempat tinggal TKI, pengelola kondominium sudah mendirikan kembali bangunan bedeng sejenis,” ujar Jumhur.

Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun mereka mengalami kerugian atas hangusnya dokumen paspor, uang, dan pakaian. Para TKI ini umumnya berasal dari Pulau Jawa dan Madura. Selain itu ada juga TKI yang berasal dari Flores Timur (Nusa Tenggara Timur) dan Kerinci (Jambi).

0 komentar:

Plaas 'n opmerking