Woensdag 22 Mei 2013

Polisi Tembak Lansia, Swedia Rusuh



Kerusuhan Swedia (Foto: AP) Kerusuhan Swedia (Foto: AP)
STOCKHOLM – Kerusuhan terjadi di kota Stockholm, Swedia. Perstiwa itu dipicu aksi kekerasan polisi yang menewaskan seorang kakek berusia 69 tahun pekan lalu.

Kakek itu tewas saat mengurung diri di dalam apartemennya. Bukannya mengeluarkan dia hidup-hidup, polisi justru menembak mati sang kakek.

Kerusuhan dimulai sejak Senin 20 Mei lalu. Ratusan pemuda melempari polisi dengan batu dan membakar mobil yang diparkir di jalanan.

“Warga telah muak dengan aksi brutal polisi, makanya mereka bereaksi seperti ini,” ujar seorang warga Stockholm Reza al Bazi, seperti dikutip Associated Press, Rabu (22/5/2013).

Kerusuhan dilakukan oleh warga pendatang di Swedia. Selama ini hubungan antara warga pendatang dengan aparat Swedia memang tegang.

“Kelakuan mereka tidak bisa dibenarkan. Kita berusaha meredakan ketegangan,” pungkas Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt.

Warga pendatang di Swedia banyak mendapat diskriminasi. Aparat sering memanggil mereka dengan kata-kata hinaan seperti “monyet”, “tikus” dan “negro”.

http://international.okezone.com/read/2013/05/22/414/810782/polisi-tembak-lansia-swedia-rusuh

0 komentar:

Plaas 'n opmerking